Faktor Pemicu Kegiatan Masjid Hidup dan Ramai

ya itulah judul yang terlintas dipikiranku saat ini, ketika selepas menunaikan shalat magrib berjama'ah di masjid ini.

tak seperti masjid di daerah asalku, masjid di sini cukup hidup dan ramai, terlepas dari beberapa faktor yang akan ku teliti beberapa waktu ke depan, bahwa masjid ini berada di samping jalan utama atau jalan raya, dan di tengah perkampungan penduduk yang cukup ramai, bisa dikatakan masjid di sini berada di daerah perkotaan.

ok ... aku harus mulai meneliti bagaimana masjid ini hidup ... sempat terpikirkan bahwa untuk menhhidupkan masjid, maka masjid harus dijadikan sumber kehidupan, ya sumber kehidupan, masjid dijadikan sumber peradaban. aku harus mulai berpikir bagaimana menjadikan sebuah masjid bisa dijadikan sumber apapun, sebagai hayalan , bagaimana masyarakat mencari kehidupan di masjid seperti mencari sumber air, makanan, kemananan, informasi, penghidupan , pekerjaan atau pun apapun itu, karena aku mulai bingung karena banyaknya ide untuk menjadikan masjid sebagai sumber kehidupan.

ya .. aku harus mulai rencanakan dari sekarang, aku harus cari uang, pendanaan, lokasi masjid yang cocok dan perencanaan berupa konsep masyarakat yang dibangun atas dasar kegiatan di masjid